Desain
jalan tambang yang kurang optimal
Jalan tambang merupakan salah satu factor penting dalam
pencapaian target produksi, jalan tambang yang kurang optimal akan menyebabkan
tidak optimalnya penggunaan waktu dalam proses pengangkutan material baik
overburden/ waste maupun bahan tambang.
Jalan tambang umumnya terbagi menjadi dua yaitu :
1.
Jalan ramp yaitu jalan yang berada / lokasinya
di dalam pit
2.
Jalan hauling yaitu jalan angkut yang berada
diluar pit.
Permasalahan yang terjadi berkaitan dengan jalan tambang
antara lain sebagai berikut :
§
Terjadinya kejadian dimana salah satu kendaraan /
truk harus menunggu kendaraan yang berpapasan dengannya lewat terlebih dahulu sehingga
menambah waktu pengangkutan
§
Jalan yang berulir akibat jejak truk yang lewat
dijalan tersebut menyebabkan jalan harus lebih sering di maintenance sehingga
menambah waktu pengangkutan karena
kendaran/truk harus menunggu jalan tersebut selesai di maintenance
§
Jalan yang berulir akibat jejak truk yang lewat
dijalan tersebut mengakibatkan menurunnya kemampuan kendaraan / truk untuk
melewati jalan tersebut, dapat juga mengakibatkan bertambahnya waktu
pengangkutan
§
Biaya yang terlalu besar akibat penempatan
lokasi jalan yang kurang sesuai
§
Biaya yang terlalu besar akibat penggunaan
material perkerasan jalan yang kurang optimal
§
Disain ramp yang kurang optimal
Ada beberapa pencegahan / solusi yang bisa diterapkan untuk
mengatasi atau mencegah hal tersebut diatas antara lain :
§
Perlunya geometri jalan ( lebar jalan ) yang
sesuai dengan dimensi alat angkut yang melewati jalan tersebut, untuk
mendapatkan geometri jalan yang ideal dapat dilakukan dengan perhitungan.
Pengukuran dimensi jalan menggunakan dimensi alat angkut terbesar dapat dengan
pengukuran langsung ataupun sesuai dengan spesifikasi alat angkut yang
digunakan.
§
Untuk antrian yang disebabkan oleh intersection dapat
dengan melakukan koordinasi antar front kerja untuk pengaturan waktu / saat pengangkutan
sehingga menghindari terjadinya antrian tersebut.
§
Jalan yang
berulir atau terjadi amblasan di badan jalan baik yang kedalamannya sedang
sampai berat dapat disebabkan karena kondisi lapisan jalan yang memiliki
kekuatan yang lebih kecil dari pada beban kendaran yang melaluinya ( daya
dukung jalan lebih kecil daripada beban yang melewatinya
§
Dengan memperbaiki desain perlapisan jalan maka
diharapkan waktu tempuh dapat diperbaiki dan waktu maintenance jalan dapat
dikurangi. Untuk memperbaiki desain perlapisan jalan dapat dilakukan dengan
beberapa cara dapat dilakukan dengan membongkar jalan insitu / lapisan
perkerasan jalan yang sudah ada dan mengaplikasikan desain baru, dapat pula
dilakukan dengan mengaplikasian desain yang baru diatas perlapisan jalan yang
sudah ada dengan menganggap lapisan perkerasan jalan sebelumnya sebagai lapisan
dasar (subgrade)
§
Penempatan lokasi jalan sebaiknya diperhatikan
terutama untuk lokasi dengan kontur tanah yang tidak rata dan memerlukan pelandaian
dan penimbunan (cut and fill). penempatan cut and fill yang sesuai akan
mengurangi biaya operasional alat dalam proses tersebut. Penempatan lokasi
jalan hauling harus pula memperhatikan total jarak yang harus ditempuh oleh
alat angkut, semakin jauh jarak tempuhnya maka semakin besar waktu yang
dibutuhkan dalam proses pengangkutan sehingga produktivitas alat angkut pun
akan semakin kecil selain itu dapat pula menambah biaya operasional alat
angkut.
§
Penggunaan material perkerasan jalan haruslah di
usahakan sedapat mungkin menggunakan material insitu (perlu diperhitungkan
ketersediaan material terhadap total kebutuhan material) untuk itu dibutuhkan
pengujian kesesuaian material yang ada terhadap desain jalan yang dibutuhkan.
§
Desain ramp yang tidak sesuai akan menyebabka
akses masuk ke dalam pit / areal penambangan akan terhambat akibatnya dalam
proses pemindahan material akan terhambat, terhambatnya proses akan menyebabkan
terhambatnya kemajuan tambang sehingga progress seharusnya / yang hendak
dicapai akan gagal.
pekerjaan –pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara swadaya
oleh pihak perusahaan atau bila perlu / dibutuhkan dapat menggunakan jasa
konsultan.
RADIMEL
PUTRA MINING adalah suatu perusahaan konsultan tambang yang menawarkan solusi
untuk permasalahan- permasalahan diatas. Kami memiliki pengalaman kurang lebih
selama 5 tahun dengan beberapa klien yang telah menggunakan jasa konsultan kami.
Untuk masalah penbiayan dan bentuk kontrak dapat anda lihat diposting kami
sebelunya (Masalah dalam penambangan dan solusinya 1 ) atau dapat dengan
mengirimkan email (lihat bagian bawah blog ini)
No comments:
Post a Comment