radimel 2

ads2

Monday 1 December 2014

Masalah dalam penambangan dan solusinya 3 - Jalan Tambang

Desain jalan tambang yang kurang optimal



Jalan tambang merupakan salah satu factor penting dalam pencapaian target produksi, jalan tambang yang kurang optimal akan menyebabkan tidak optimalnya penggunaan waktu dalam proses pengangkutan material baik overburden/ waste maupun bahan tambang.
Jalan tambang umumnya terbagi menjadi dua yaitu :
1.       Jalan ramp yaitu jalan yang berada / lokasinya di dalam pit
2.       Jalan hauling yaitu jalan angkut yang berada diluar pit.
Permasalahan yang terjadi berkaitan dengan jalan tambang antara lain sebagai berikut :
§  Terjadinya kejadian dimana salah satu kendaraan / truk harus menunggu kendaraan yang berpapasan dengannya lewat terlebih dahulu sehingga menambah waktu pengangkutan
§  Jalan yang berulir akibat jejak truk yang lewat dijalan tersebut menyebabkan jalan harus lebih sering di maintenance sehingga menambah waktu pengangkutan karena  kendaran/truk harus menunggu jalan tersebut selesai di maintenance
§  Jalan yang berulir akibat jejak truk yang lewat dijalan tersebut mengakibatkan menurunnya kemampuan kendaraan / truk untuk melewati jalan tersebut, dapat juga mengakibatkan bertambahnya waktu pengangkutan
§  Biaya yang terlalu besar akibat penempatan lokasi jalan yang kurang sesuai
§  Biaya yang terlalu besar akibat penggunaan material perkerasan jalan yang kurang optimal
§  Disain ramp yang kurang optimal
Ada beberapa pencegahan / solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi atau mencegah hal tersebut diatas antara lain :
§  Perlunya geometri jalan ( lebar jalan ) yang sesuai dengan dimensi alat angkut yang melewati jalan tersebut, untuk mendapatkan geometri jalan yang ideal dapat dilakukan dengan perhitungan. Pengukuran dimensi jalan menggunakan dimensi alat angkut terbesar dapat dengan pengukuran langsung ataupun sesuai dengan spesifikasi alat angkut yang digunakan.
§  Untuk antrian yang disebabkan oleh intersection dapat dengan melakukan koordinasi antar front kerja untuk pengaturan waktu / saat pengangkutan sehingga menghindari terjadinya antrian tersebut.
§   Jalan yang berulir atau terjadi amblasan di badan jalan baik yang kedalamannya sedang sampai berat dapat disebabkan karena kondisi lapisan jalan yang memiliki kekuatan yang lebih kecil dari pada beban kendaran yang melaluinya ( daya dukung jalan lebih kecil daripada beban yang melewatinya
§  Dengan memperbaiki desain perlapisan jalan maka diharapkan waktu tempuh dapat diperbaiki dan waktu maintenance jalan dapat dikurangi. Untuk memperbaiki desain perlapisan jalan dapat dilakukan dengan beberapa cara dapat dilakukan dengan membongkar jalan insitu / lapisan perkerasan jalan yang sudah ada dan mengaplikasikan desain baru, dapat pula dilakukan dengan mengaplikasian desain yang baru diatas perlapisan jalan yang sudah ada dengan menganggap lapisan perkerasan jalan sebelumnya sebagai lapisan dasar (subgrade)
§  Penempatan lokasi jalan sebaiknya diperhatikan terutama untuk lokasi dengan kontur tanah yang tidak rata dan memerlukan pelandaian dan penimbunan (cut and fill). penempatan cut and fill yang sesuai akan mengurangi biaya operasional alat dalam proses tersebut. Penempatan lokasi jalan hauling harus pula memperhatikan total jarak yang harus ditempuh oleh alat angkut, semakin jauh jarak tempuhnya maka semakin besar waktu yang dibutuhkan dalam proses pengangkutan sehingga produktivitas alat angkut pun akan semakin kecil selain itu dapat pula menambah biaya operasional alat angkut.
§  Penggunaan material perkerasan jalan haruslah di usahakan sedapat mungkin menggunakan material insitu (perlu diperhitungkan ketersediaan material terhadap total kebutuhan material) untuk itu dibutuhkan pengujian kesesuaian material yang ada terhadap desain jalan yang dibutuhkan.
§  Desain ramp yang tidak sesuai akan menyebabka akses masuk ke dalam pit / areal penambangan akan terhambat akibatnya dalam proses pemindahan material akan terhambat, terhambatnya proses akan menyebabkan terhambatnya kemajuan tambang sehingga progress seharusnya / yang hendak dicapai akan gagal.
pekerjaan –pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara swadaya oleh pihak perusahaan atau bila perlu / dibutuhkan dapat menggunakan jasa konsultan.
RADIMEL PUTRA MINING adalah suatu perusahaan konsultan tambang yang menawarkan solusi untuk permasalahan- permasalahan diatas. Kami memiliki pengalaman kurang lebih selama 5 tahun dengan beberapa klien yang telah menggunakan jasa konsultan kami. Untuk masalah penbiayan dan bentuk kontrak dapat anda lihat diposting kami sebelunya (Masalah dalam penambangan dan solusinya 1 ) atau dapat dengan mengirimkan email (lihat bagian bawah blog ini)



No comments:

Post a Comment

//go.ad2up.com/afu.php?id=443944